Bvrtan - Sawah Tebu Terlarang

Saturday, May 14, 2011


Akhir'a datang juga kiriman dari Bvrtan, desa Svkatani. Sebuah rilisan fisik berbungkus daun pisang dari Lumbung Angker Records Svkatani, EP "Pemuja Sawah Tebu". Kondisi daun pisang yg masih segar ini menunjukkan bahwa desa Svkatani merupakan desa yang cukup makmur. Walaupun kemakmuran tersebut sering d'eksploitasi oleh kalangan-kalangan politisi dan terjajah oleh para tengkulak biadab.

Track List:
1. Sawah Tebu Terlarang
2. Musnahlah Panen Raya Tahun Ini Yang Membuat Kami Tidak Bahagia
3. Ritual Menanam Singkong Di Dalam Kebun Kegelapan
4. Pacul Pusaka Dari Pak Kades
5. Tengkulak Biadab Dari Neraka
6. Kathaarian Life Code (Darkthrone Cover)




Bvrtan atau biasa dsebut bvrvh tani adalah sebuah band yg d'kelola oleh Pak Kades, Kvli Arit, dan Tvkang Pacul yg berasal dari sebuah desa yg sebagian besar penduduk'a bekerja pada bidang agraris, desa Svkatani. Mereka baru saja merilis Mini album pertama mreka "Pemuja Sawah Tebu Terlarang". Rilisan album ini bertujuan agar EP ini bisa bermanfaat dan membawa barokah kepada semua bvrvh tani di desa Svkatani. Hal ini juga d'tembuskan kepada pihak2 yg terkait mulai dari Ketua KUD Svkatani sampai kepada Sekretariat Presiden RI.

Ini adalah cover album Bvrtan. Menggunakan latar belakang perkebunan tebu bercorak warna hitam putih. Font tulisan yg memakai font yang d'pakai oleh Burzum. Penggunaan huruf v sebagai pengganti huruf u, sehingga menambah ke"kvlt"an band ini. Wajah tokoh black metal yg telah membakar beberapa gereja di Norwegia juga d'tampilkan d'wajah petani yg sedang membajak d'cover album ini. Benar2 kvlt, cover ini telah mewakili unsur2 black metal yg ada walaupun bertema pertanian.

Black metal sering sekali dihakimi sebagai band yang satanis, blasphemy, ataupun anti god. Sebenar'a Black metal sendiri adalah suatu perlawanan atau movement. Kita lihat di Norwegia sana, mereka (black metal Norwegia) membenci kristen karena kristenisasi di Norwegia menyebabkan budaya asli mereka perlahan-lahan pudar. Burzum membawa tema paganisme yg merupakan nilai2 spritual leluhur'a mereka d'sana. Kedekatan2 nilai2 leluhur itu mereka angkat sebagai tema mereka untuk mengangkat kembali budaya2 paganisme leluhur yang telah pudar. Begitu juga dengan Bvrtan, mereka sendiri sebagai band black metal membawa nilai2 leluhur bangsa kita, yaitu pertanian. Kondisi Indonesia yang ideal bagi pertanian dan penguasaan atas cara bercocok tanam setidaknya sudah ada sejak abad ke-8 SM. Perlawanan atau movement Bvrtan sendiri mengangkat nasib2 petani Indonesia yang sekarang ini telah terlupakan. Nasib petani Indonesia memikirkan mahalnya pupuk, memikirkan bagaimana menyuplai air untuk sawahnya, memikirkan bagaimana menghadapi hama. Namun, hasil dari mereka itu, diklaim oleh pihak-pihak yang seharusnya bertanggung jawab terhadap mereka. Setidaknya kita dahulu pernah menikmati apa yang nama'a swasembada pangan. Tapi sekarang kemana Swasembada pangan yang pernah mereka dan kita nikmati??


Dimulai dengan lagu Sawah Tebu Terlarang, suasana depresi dan dingin menggambarkan suasana lagu ini. Kegundahan petani yang mengalami kesusahan/penderitaan dalam melakukan pekerjaan mereka. Penderitaan mereka d'tambah dengan eksploitasi dan pemanfaatan diri mereka oleh politisi yg tdk bertanggung jawab terhadap nasib mereka.

Lanjut track ke dua, Musnahlah Panen Raya Tahun Ini Yang Membuat Kami Tidak Bahagia. Kegalauan petani menyelimuti lagu ini. Kegagalan panen mereka anggap sebagai kutukan. Apa yg mereka tanam, pupuk mereka, kerja keras mereka dalam mengolah sawah, waktu mereka menjadi sia2. Ilustrasi yang lengkap tentang kegagala panen yang dialami petani sampai saya sendiri ikut prihatin membayangkan nasib mereka :(

Ritual Menanam Singkong di Dalam Kebun Kegelapan, menceritakan kehidupan petani singkong dalam mengolah kebun mereka. Mulai proses awal dari pembajakan sawah sampai penjualan ke pasar. Kehidupan yang berat, proses2 yang runtun dan harus mereka jalani tanpa terlewati.

Selanjutnya, Pacul Pusaka Dari Pak Kades. Disini terdapat percakapan laporan persiapan panen bvrvh tani kepada Pak Kades. Pacul pusaka dari pak kades adalah kebaikan pak kades dalam mengayomi para buruh tani selama awal tanam sampai panen. Keberhasilan panen bvrvh tani d'persembahkan kepada pak kades karena jasa2 kebaikan'a.

Tengkulak Biadab Dari Neraka, lagu yang berisi movement kritikan para buruh tani kepada para tengkulak yang telah memanfaatkan kerja keras mereka selama masa tanam sampai masa panen tiba. Tidak hanya tengkulak2 biasa, namun tengkulak yg berwujud KUD juga mendapat tempat untuk mereka kritisi.

Lagu terakhir, cover dari lagu darkhtrone. Dengan awal dilatar belakangi suasana sawah d'malam hari, d'mana terdapat suara2 hewan malam. Black metal dengan gitar akustik ini benar2 cover yang istimewa menurut saya sendiri :D

Akhir kata, album ini wajib kita miliki. Album black metal dengan tema yang baru dan mengangkat kondisi real di Indonesia.
Sharing Itu Indah
Agar teman-teman Anda mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa SHARE di FACEBOOK lewat tombol di bawah ini.
Bagikan

.::Artikel Menarik Lainnya::.

0 Comments:

 
FaceBlog © Copyright 2009 Iseng - Iseng Nge'Blog | Blogger XML Coded And Designed by Otto Aristho