Klanrock Present " Rock United "

Sunday, January 23, 2011


Acara yang diselenggarakan Klanrock House bertajuk " Rock United" ini adalah acara kedua yang kami ikuti d'tahun ini. Acara ini berlangsung d'konchokoe billiard, pada hari sabtu malam. Gak cman band metal aja yang ikut berpartisipasi d'acara ini. Untuk harga tiket sangat terjangkau bagi kami yang melarat ini :mSad:. Karena keanekaragaman genre di acara tersebut membuat acara ini jadi punya kesan tersendiri d'bandingakan acara2 sebelum'a yang pernah kami ikuti. Ya, jadi ingat acara yang ada d'malang yang acara'a berisi band2 yang genre'a tidak seragam. Seperti kita lihat band2 yang d'pamflet. Ada criminal vagina yang mengusung genre pornogrind, 24 hour again yang berasal dari malang yang bergenre punk rock, dissolved yang bergenre hardcore oldschool, scarlet letter(other genre of metalcore), jehovah (band bercorps paint dari lumajang), dll.

Kami tau bahwa acara2 seperti ini pasti'a akan molor. Biasalah orang Indonesia. hahaha... Jadi kami datang ke acara pada jam 7 malam :mRempit:, yang semula acara terjadwal jam 6. Kami datang tepat akan dimulai'a acara. Band pertama yang tampil adalah band metalcore (tidak diketahui nama band'a). Ya, band pertama ini hanya bisa membuat kami mengangguk2 kecil. Maklum, lah kami yang masih remaja ini suka dengan model2 breakdown'an :mHihi:. Selanjut'a band kedua tampil, dilihat dari penampilan mereka sebelum tampil dapat d'tebak bahwa band ini adalah band deathcore. Mereka membawakan lagu macam Suicide Silence dan BMTH.

Selesai band kedua yang tidak kami ketahui nama'a ini slesai tampil, giliran band ketiga mulai mempersiapkan diri untuk tampil. Kami memperhatikan band ketiga ini saat cek sound. Hmm. Kami tebak bahwa band ini akan membawakan lagu2 thrash metal :mKanta:, salah satu genre yang merupakan genre favoritku. Setelah selesai chek sound, band ketiga ini mulai menggeber musik mereka. Kami simak musik mereka. Wah ternyata musik mereka seperti'a influence'a ke band municipal waste yang bergenre crossover thrash. Ciri vokal mereka hardcore, gebukan drum dan permainan gitar'a ng'thrash. Lagu pertama mereka membuat badan kami tidak bisa berkompromi untuk berdiam diri. Tanpa banyak omong kami yang semula berada d'blakang panggung segera meluncur k'dpan tuk mencicipi moshpit. Kami lihat d'moshpit kebanyakan adalah anak2 hardcore. Begitu nikmat'a moshing d' moshpit crossover ini. Flashback kebelakang, sebelum'a kami pernah menonton band croosover d'banyuwangi. Tapi sayang sekali moshpit sepi sekali. Apa karena genre ini adalah underrated genre? :mThinking: Band crossover ini membuka moshpit d'acara rock united ini.

Lanjut, ke band selanjut'a. Band ini bernama Beringsang. Band ini membawakan lagu'a LoG. Kami simak dari vokal'a kurang powerfull, artikulasi kurang jelas, dan groove drum'a tidak begitu tampak. Jadi, terkesan mereka adalah band metalcore. bukan band groove metal. Untung hanya membawakan 2 lagu saja:mSmoking:. Ya, lumayanlah penampilan band ini membuat kita dapat beristirahat sejenak setelah menghantam moshpit band crossover tadi.

MC menuju panggung. panggilan ditujukan kepada band jehovah yang berasal dari Lumajang. Nama ini mengiangatkanku pada suatu aliran bidat Kristen yang bernama Saksi Yehova. Aliran tersebut merupakan salah satu aliran sesat yang menentang ajaran Kristiani. Hmm, seperti'a band ini band black metal menurut pemikiranku. Akhirnya personil'a menuju panggung acara. Tampak wajah mereka memakai corpse paint. Atut.... :mNo:. Ya, bisa kita tebak band ini adalah band black metal. tapi entah band melodik black metal-kah, blackened thrash metal-kah, atau blackened death metal, atau oldschool black metal?:mKorek: Untuk membuat atmosfir acara menjadi seram, lampu stage d'matikan :mTorchlight:. Sayang'a atmosfir kengerian kurang terasa. Selain mematikan lampu setidaknya band ini bisa menambah efek seram lain d'acara ini. Contoh'a seperti membakar kemenyan d'sekitar stage, menabur bunga2 kuburan d' dpan stage, dan merusak atribut2 keagamaan yang d'tentang. Lagu pertama mulai d'kumandang, ciri vokal ng'death. dari ciri tersebut dapat kami tarik kesimpulan klo band ini bergenre blackened death metal. Judul2 lagu mereka blasphemy kepada agama kristiani. Ya, bisa dkatakan band ini mewarnai acara rock united.

Next, penampilan dari band Deviations yang bergenre slamming guttural death metal. Band ini, band yang cukup punya nama d'kawasan Jember dan sekitar'a. Pada acara ini mereka tidak membawa personil mereka yang lengkap. Hanya ada 3 personil saja, yaitu vokalist, gitarist dan drummer. Namun hal itu tidak mengurangi kebrutalan permainan mereka :mGergaji:. Moshpit kembali memanas kembali akibat rentetan riff gitar menteror dan blashbeat drum yang menghentak tanpa belas kasihan. Band selanjut'a tampil adalah band Born With Tragedy. Band ini bergenre brutal death metal.

Saat'a giliran band Dissolved tampil. Kami tidak tahu tentang band ini. Mereka berpenampilan layak'a anak2 hardcore. D'lihat dari atribut2 yang mereka pakai. Mata kami tertuju pada bassist mereka. Hmm, lumayan lah, IGO bening, hehehe.. :mLove:. Vokalist melantangkan suara dan berkata " band ini adalah band oldschool hardcore dan band oldschool hardcore masih ada d'jember ini ". Lagu pertama d'bawakan, damn it !! Moshpit sangat tak beraturaran, dan sangat kacau. Mereka para headbanger yang berada d'moshpit berkecamuk tanpa henti membuat kita ikut meratakan dan meluluhlantakkan moshpit. Sayang'a teman kami(arfi) menepi k'pinggir moshpit, entah karena kehabisan tenaga atau karena memang tersingkirkan oleh para headbanger yang ada d'moshpit tadi. Ya, harap maklumlah badan'a cungkring, hahahaha... :mHaha:. Lagu2 mereka yang membuat moshpit terbakar menjadikan tenggorokan kami kering. Setelah, membasahi tenggorokan, kami kembali tuk memanifestasikan naluri membabibuta kami d'moshpit. :mGergaji: Ini adalah moshpit hardcore pertama kami. Sunguh berkesan bagi kami. Ternyata moshpit hardcore tidak bisa d'pandang sebelah mata :mKening:. Band Dissolved menghabiskan energi kami. Kringat kami berpeluh, nafas kami terengah2 seperti serigala militia yang mengejar domba2 tersesat, badan kami remuk redam seperti habis d'hantam amukan massa yang beringas :mPening:.

Band 24 Hours Again yang berasal dari Malang mengusung aliran punk rock membuat kita beristirahat sejenak. Sesekali personil band mereka membuat lelucon2. Sayang'a lelucon mereka garing kriuk2:mGuilty: . Lanjut, band dari banyuwangi, Maximum Penalty. Band ini bergenre metalhardcore atau seperti burgerkill. Setelah maximum penalty dilanjutkan band dari Malang. Band ini bernama Dropouttwenty5. Vokalis band ini adalah vokalis dari band yang sebelum'a tampil, band 24 Hours Again yang beraliran punk rock. Si vokalis band ini berkata klo band ini adalah band biasa, tapi nyata'a dugaan kami salah. Yang membuat kami salah duga adalah kami anggap voc'a biasa saja karena dia sebelum'a adalah voc' punk. Ternyata scream'a lumayan dan perubahan dari clean vocal menuju scream tidak bisa d'anggap remeh.

Begundal, band ini seperti band homicide yang mengusung genre hip hop dengan lirik bertema kritikan2 sosial. Ini adalah suatu genre baru untuk telinga kami. Meskipun pada penampilan mereka ada sedikit kendala, namun band ini tetap menunjukkan performa terbaik mereka. Personil mereka ada 5 orang. 1 samplers, 1 guitarist dan 3 MC.

Penampilan selanjut'a adalah band Scarlet Letters. Band ini sangat dinantikan oleh teman kami (arfi) karena dia sama sekali tidak pernah menonton aksi live mereka. Band ini beraliran metalcore yang berinfluence pada band TDWP. Arfi berkata " TDWP'e Jember iki jeh !!" . Aku menjawab " Mosok seh?? " :mNgumpat: . Salah satu gitarist mereka berperawakan tinggi besar dan rambut cepak seperti layak'a tentara. Penampilan gitaris ini berbeda dengan personil lain'a yang berpenampilan metalcore nowadays. Saat performance mulai, si keyboardist sangat menggebu2 untuk menajak penonton tuk maju ke depan. tapi sayangnya tidak ada yang berminat tuk maju :mJahat:. Tak disangka mereka membawakan lagu TDWP yang berjudul Outnumbered. Mereka juga membawakan lagu mereka sendiri yaitu Revenge dan Agony from Inside. Sekilas aku melirik ke arah arfi :mKanta:. Terlihat dia mengangguk2kan kepala'a seakan menikmati lagu2 yang d'bawakan SCL, band kesayangan'a :mJahat:.

Performance terakhir kami kira adalah band Karnivora karena menurut teman kami Criminal Vagina berhalangan tampil. Tapi nyata'a band Karnivora yang tidak tampil, namun band Criminal Vagina yang tampil. Kami lihat mas tam yang sebagai vokalis terlihat kurang fit, namun dia bisa allout dalam membawakan lagu2 yang bergenre porngrind. Lirik2 mereka memblowjob ruangan ini. Lagu2 yang mereka bawakan antara lain, Jagal Para Pelacur, Infeksi Liang Senggama, Ku Sodomi Kau, Pelacur dari Neraka yang terdapat influence lagu dari Pantera yang berjudul Cowboy from Hell. D'awal2 moshpit terlihat begitu kelam. tidak ada tanda2 hantaman massa yang beringas. Namun hal itu dapat dipecahkan oleh bung Jony(Himorage). Pasukan Hitam yang klihatan ngantuk2 d'blakang mulai terbelalak dan ikut maju k'depan tuk meramaikan mosphit yang d'buka oleh bung Jony.

Yaah...begitulah cerita "headbanger journey" dari kami. Nantikan "headbanger journey" kami selanjut'a.

NB : Mohon maaf jika ada salah2 kata/penulisan pada cerita kami ini.

Sharing Itu Indah

Agar teman-teman Anda mendapat manfaat dari artikel ini, jangan lupa SHARE di FACEBOOK lewat tombol di bawah ini.

Bagikan




.::Artikel Menarik Lainnya::.

0 Comments:

 
FaceBlog © Copyright 2009 Iseng - Iseng Nge'Blog | Blogger XML Coded And Designed by Otto Aristho